Interview with Jerinx SID : Band Indo Pertama yang Masuk Billboard Charts

Mewakili dua rekannya Bobby Cool dan Eka Rock, Jerinx bercerita tentang bagaimana proses terpilihnya SID menjadi band Indonesia pertama yang masuk Billboard.

Uncharted Category adalah salah satu kategori di Billboard.com yang menampilkan ranking dari berbagai band di seluruh dunia berdasarkan tingkat engagement terhadap online fans mereka. Untuk pertama kalinya dalam sejarah musik kita, sebuah band dari Indonesia berhasil menerobos tangga lagu Billboard. Seperti kita ketahui bahwa Billboard adalah media musik terbesar di Amerika yang kerap menjadi tolak ukur industri musik secara global. Masuk ke dalam ranking bersama 50 musisi lainnya, merupakan kebanggaan tersendiri baginya dan tentu saja seluruh personil dan fans mereka. Drummer Superman is Dead ini bercerita tentang prestasi band’nya yang telah berhasil masuk dalam Billboard Uncharted Category.

Menurut lo apa yang membuat SID bisa masuk ke dalam uncharted category tersebut?

Sepertinya begini, sebuah band bisa saja aktif di dunia maya, tapi kalau fans mereka tidak aktif juga, ya sama juga bohong kan. Jadi kalau kita pikir sih, SID bisa masuk chart itu bukan karena kita yang aktif tapi juga karena kerjasama dengan fan base’nya bagus. Jadi mereka aktif kita juga aktif, jadi terdeteksi sama sistem yang dipakai oleh Billboard.

Bagaimana perasaan lo ketika dapat kabar baik ini?

Pertama kali waktu kita dapet email dari billboard perasaan kita senang, cuma memang waktu itu belom lengkap informasinya tentang uncharted itu apa. Setelah kita kirim email ke mereka  trus menjelaskan uncharted itu apa, dari sana lah kita nyadar bahwa this is a big news, baru akhirnya kita bener-bener senang.

Apa sih yang biasa kalian obrolin sama fans di internet?

SID dari awal punya cara yang beda dengan band-band lain saat berinteraksi dengan fans. Entah kenapa kita nemuin formula kalo membicarakan di luar musik itu lebih membangun ikatan emosional. Jadi kita berbicara tentang kemanusiaan, hak asasi, diskriminasi, dan lain-lainnya.

Kenapa kalian sampai membedakan julukan fans cewek dan cowok?

Menarik, kita sering dapet email di website yang kira-kira bunyinya kaya gini “Bang, saya cewek, saya pingin banget nonton SID manggung tapi saya takut, karena penonton kalian kayanya brutal semua.” Akhirnya saya mikir juga bagaimana mengubah pemandangan di panggung supaya lebih menarik sedikit, hahaha. Kenapa kita tidak memberikan nama bagi fans-fans cewek, jadi wanita juga merasa jadi bagian dari SID dan para Outsiders juga menyadari hal itu dan tentunya akan menjaga mereka saat kami manggung.

Setelah masuk di charts billboard, apa yang akan SID lakukan?

Ada sih pembicaraan sama pihak Sony, mereka sedang menyiapkan proposal agar album SID nanti bisa diedarkan di Amerika, mungkin di Meksiko dulu lah karena banyak kaum imigran di sana, hahaha.

Denger-denger SID juga lagi proses menggarap album baru?

Iya sekarang lagi proses pengerjaan lirik, musik-musiknya udah hampir jadi sih. Rencananya akan rilis tahun ini juga.

Ada perbedaan dari sebelumnya?

Jauh sih, lirik kita tuh referensinya mungkin ke spiritual dan filsafat, terus kita ngebungkusnya juga gak pretentious, jadi gak ketahuan tuh lagu itu bercerita tentang apa. Jadi kaya baca kitab suci, pake bahasa kode, hehehe.

photo by : Tony Santana

2 thoughts on “Interview with Jerinx SID : Band Indo Pertama yang Masuk Billboard Charts

Leave a comment